RSS

Senin, 13 Agustus 2012

Pertama kali menginjakan kaki di tanah yang baru,,ada berbagai cerita unik dan menarik .......

cerita ku hari ini......
Pagi itu ,,
meski sedang beribadah menahan dahaga , semangat di dada masih menggebu-gebu.
ku telusuri terowongan kelinci untuk menuju sekolah yang baru , ,
karena melewati jalan bebas hambatan, waktu yang di butuhkan hanya sekitar 15-20 menit saja dengan bus untuk sampai tujuan,, Ups........ ada tapinya nih, jika si lampu merah tengah berjaya, perjalan ku bisa memakan waktu lebih dari 30 menit perjalanaan.

Udara yang dingin pun terasa menembus pori-pori kulit,tiupan angin mengiringi langkah setiap insan dengan tujuan yang sama..
kemudian 4w1 menghendaki ku untuk bertemu dengan dua insan, namanya rida dan nira.kami bertemu dalam keadaan nasib yang sama. hhe,,, -_~
sambil menunggu jarum jam menjemput angka 10,, kami memutuskam untuk berkeliling melihat tempat baru ini. kata Nira : "mumpung seniornya llagi libur,jadi bisa bebes deh liat sesuka hati". mungkin untuk menelusuri seluruh pelosok sekolah membutuhkan waktu seharian penuh, jadi kami memutuskan untuk tida melihat semua pelosok ( habisnya cape sih !!! hhe... )
waktupun telah merangkak pada angka 10 , kami bertiga masuk kedalam sebuah ruangan yang di ikuti dengan yang lainnya..
di dalam ruangan tersebut kami di perintahkan untuk menandatangani perjanjian, maklum sebagai seseorang yang sekolahnya gratis kami harus menyaggupi perjanjian dengan nilai yang memuaskan, jika tidak sanggup, yaa.... jangan di tandatangani donk !!! hhe...

setelah melaksanakan tujuan tersebut, kami semua pulang ke habitat masing-masing.......... hhe...

akhirnya sang mega tengah menebarkan selimut hitamnya,, induk burung mulai bersiap-siap menghampiri sarangnya. muadzin pun tengah bersiap-siap mangumandangkan lafaz 4w1...
sebagai seseorang yang hidup tanpa kompor, alam mewajibkan ku untuk membeli kebutuhan berbuka puasa ,pada orang lain...
huuh....
seperti biasa aku harus menelusuri kembali terowongan kelinci untuk membeli secuil nasi, tentunya dengan  harganya 50% lebih mahal dari warung nasi di daerahku..
langit yang berwarna merah malu kini digantikan awan hitan yang mengandung beban air. lama kelamaan tetes demi tetes malaikat menurunkan berkah-Nya untuk umat di bumi. tentunya dengan respon yang bermacam-macam. untuk seorang petani pastinya ia bersukur tapi untuk seorang pekerja pastinya ini adalah hal yang buruk,sambil membawa nasi, akupun berlari supaya bajuku tidak basah.
tak lama setelah itu, beduk bertebaran di muka bumi ini,akupun memasukan air kerongga mulut dengan mengucapkan bismilah.
dan inilah akhir hari pertamaku untuk menuju awal yang baru. benar-benar melelahkan dan mengesankan, tapi  aku tidak boleh patah semangat tuk gapai impian..
siap-siap kemasi barang di tahun 2017 go to japan..
melangkah atau tergantikan !!! semangat teruzzzzzzzzz
cayo ........
(semoga 4w1 mengijinkan ,, amiiin)

Kamis, 26 Januari 2012

soal latihan matematika

PELUANG
1. 10 orang finalis suatu lomba kecantikan akan dipilih secara acak 3 yang terbaik. Banyak cara pemilihan tersebut ada … cara.
a.70
b.80
c.120
d.360
e.720
Soal Ujian Nasional tahun 2005
2.Banyaknya bilangan antara 2000 dan 6000 yang dapat disusun dari angka 0,1,2,3,4,5,6,7, dan tidak ada angka yang sama adalah ….
a.1680
b.1470
c.1260
d.1050
e.840
Soal Ujian Nasional tahun 2004
3.Dari kota A ke kota B dilayani oleh 4 bus dan dari B ke C oleh 3 bus. Seseorang berangkat dari kota A ke kota C melalui B kemudian kembali lagi ke A juga melalui B. Jika saat kembali dari C ke A, ia tidak mau menggunakan bus yang sama, maka banyak cara perjalanan orang tersebut adalah ….
a.12
b.36
c.72
d.96
e.144
Soal Ujian Nasional tahun 2002
4.Banyak garis yang dapat dibuat dari 8 titik yang tersedia, dengan tidak ada 3 titik yang segaris adalah ….
a.336
b.168
c.56
d.28
e.16
Soal Ujian Nasional tahun 2000
Materi pokok : Peluang dan Kejadian Majemuk
5.Dalam kantong I terdapat 5 kelereng merah dan 3 kelereng putih, dalam kantong II terdapat 4 kelereng merah dan 6 kelereng hitam. Dari setiap kantong diambil satu kelereng secara acak. Peluang terambilnya kelereng putih dari kantong I dan kelereng hitam dari kantong II adalah ….
a.39/40
b.9/13
c.1/2
d.9/20
e.9/40
Soal Ujian Nasional tahun 2007
6.A,B,C, dan D akan berfoto secara berdampingan. Peluang A dan B selalu berdampingan adalah ….
a.1/12
b.1/6
c.1/3
d.1/2
e.2/3
Soal Ujian Nasional tahun 2006
7.Sebuah kotak berisi 5 bola merah, 4 bola biru, dan 3 bola kuning. Dari dalam kotak diambil 3 bola sekaligus secara acak, peluang terambil 2 bola merah dan 1 bola biru adalah ….
a.1/10
b.5/36
c.1/6
d.2/11
e.4/11
Soal Ujian Nasional tahun 2005 kurikulum 2004
8.Dalam suatu populasi keluarga dengan tiga orang anak, peluang keluarga tersebut mempunyai paling sedikit dua anak laki – laki adalah ….
a.1/8
b.1/3
c.3/8
d.1/2
e.3/4
Soal Ujian Nasional tahun 2004
9.Dua buah dadu dilempar bersama – sama. Peluang munculnya jumlah mata dadu 9 atau 10 adalah ….
a.5/36
b.7/36
c.8/36
d.9/36
e.11/36
Soal Ujian Nasional tahun 2003
10.Sebuah dompet berisi uang logam, 5 keping lima ratusan dan 2 keping ratusan rupiah. Dompet yag lain berisi uang logam 1 keping lima ratusan dan 3 keping ratusan rupiah. Jika sebuah uang logam diambil secara acak dari salah satu dompet, peluang untuk mendapatkan uang logam ratusan rupiah adalah ….
a.3/56
b.6/28
c.8/28
d.29/56
e.30/56
Soal Ujian Nasional tahun 2003
11.Suatu kelas terdiri dari 40 orang. Peluang seorang siswa lulus tes matematika adalah 0,4. Peluang seorang siswa lulus fisika adalah 0,2. Banyaknya siswa yang lulus tes matematika atau fisika adalah … orang.
a.6
b.7
c.14
d.24
e.32
Soal Ujian Nasional tahun 2002
12.Kotak I berisi 3 bola merah dan 2 bola putih, Kotak II berisi 3 bola hijau dan 5 bola biru. Dari masing – masing kotak diambil 2 bola sekaligus secara acak. Peluang terambilnya 2 bola merah dari kotak I dan 2 bola biru dari kotak II adalah ….
a.1/10
b.3/28
c.4/15
d.3/8
e.57/110
Soal Ujian Nasional tahun 2001
13.Suatu kelas terdiri dari 40 siswa. 25 siswa gemar matematika, 21 siswa gemar IPA, dan 9 siswa gemar matematika dan IPA. Peluang seorang tidak gemar matematika maupun IPA adalah ….
a.25/40
b.12/40
c.9/40
d.4/40
e.3/40 
kunci jawaban : CECDEDDDBBDBE

Minggu, 22 Januari 2012

Di atas pena engkau melamarku

-------------
gerbang mitsaqol ghazillah telah terbuka lebar
nada-nada cinta dihadapah 4w1, terucap dengan lantang
ukiran nama yang melingkar dijari manis
telah membuktikan betapa nerharganya engkau bagi diri ini.
--------------
--------------
tak pernah ada hati yang berdebar
tak pernah ada kata-kata yang menggoyahkan iman
takpernah ada sentuhan yang menghanyutkan
tak pernah ada senyuman yang membiuskan
disana hanya ada tatapan dalam setiap perbincangan
dan anggukan dalam setiap pertanyan........
-------------
---------------
ya 4w1 ....
sang pemilik catatan lauhul mahfudz,
jika kedatangannya bagaikan desiran angin yang hanya lewat di hadapanku,
maka ambilah ia dari pandanganku,
agar aku tak berharap memilikinya...
namun jika kehadirannya bagaikan hujan yang turun ketika di butuhkan,
maka jadikanlah tangannya pahala bagiku, yang akan menghapus air mataku dalam suka maupun duka.
------------
------------
benih-benih itu mulai tumbuh
tak pernah ada peristiwa, namun hanya jiwa yang meronta di setiap mahligai sujud...
dibalik kata-kata yang menakjubkan,
tersimpan sekeping hati yang terus memanggil
sepenggal kalimat
yakni....
ana uhubuka !!!!
(aku mencintaimu karena 4w1)
-----------
-----------------
suara bedug dalam keppingan hati
semakin terdengar keras
alunannya begitu lamban namun pasti
irama dalam setiap peristiwa begitu jelas
kalau cinta telah bertakdir
menunjukan siapa yang disebut sang mahluk
--------------
--------------
hembusan angin rindu terus menancap di padang sahara hati
hingga membumbung tinggi di alam cakrawala jiwa
terus bergejolak tanpa batas
seolah meminta pada waktu
bahwa inilah saatnya
-------------
--------------
ketika waktu mendatangkan cinta
aku putuskan memilih dirimu
setitik rasa itu menetes dan semakin parah
sedikit demi sedikit
hembusan cinta menyapa jiwa
seolah memberi tanda
tak ada perbedaan antara takdir dan catatan lauhul mahfudz
------------
------------
wahai 4w1, dzat yang mengetahui segala yang tersimpan rapi di dunia ini......
laki-laki itu datang dengan segala kerendahan hati, maka sekarang baku bersimpuh
memintanya menjadi imamku
dengan segala kerendahan hatiku pada-Mu
------------
----------------
goresan pena di atas kertas
adalah nyanyian jiwa yang telah lama tersimpan
ungkapan kerinduan yang terlukis
dan hembusan angin surga yang selalu tertiup
memanggilnya dengan suara hati
-----------------

Senin, 09 Januari 2012

strategi pemasaran menggunakan telemarketing

sumber : http://www.beritamandiri.com/

Bagi kalangan pebisnis atau siapa saja yang bergerak di bidang pemasaran atau marketing tentu tidak asing lagi dengan istilah Telemarketing. Sebetulnya Telemarketing ini adalah tentang usaha kita menyentuh Target Market jarak jauh dengan menggunakan alat komunikasi yakni TELEPON sehingga disebutlah tele-marketing. Untuk membuat nilah tambah yang dahsyat terhadap strategi telemarketing ini ada 10 tips untuk anda yang pasti banyak membantu anda dalam menjalankan bisnis menggunakan cara ini:

  1. Pastikan waktu melakukan pembicaraan dengan client atau calon pelanggan, sinyal HP TIDAK LEMAH atau putus-putus. Persiapkan juga pulsa yang cukup agar pembicaraan penting Anda tersebut tidak terputus ditengah jalan, hal ini akan mengakibatkan sejumlah informasi yang akan anda sampaikan tidak akan cepat dimengerti oleh partner bisnis anda. Karena itu jauh lebih baik menggunakan fasilitas telepon tetap seperti telepon kantor atau mungkin kartu pasca bayar. Seperti saya misalnya, selalu punya saldo pulsa yang tidak akan habis walaupun dipakai sampai kuping panas!. Mengapa? Sekali waktu nanti Anda bisa baca web saya tentang bisnis pulsa disini: bisnis pulsa dahsyat. Kita lanjutkan ke tips berikutnya.
  2. Pastikan list atau daftar nama yang akan Anda hubungi sudah siap Update, sehingga anda bisa dengan mudah menghubungi mereka tanpa perlu mencari-cari diantara tumpukan file atau arsip di meja Anda, juga untuk menghindarkan telepon yang salah alamat karena ternyata orangnya sudah pindah rumah misalnya, hehe.
  3. Pastikan ketika berbicara dengan partner Anda, Anda melakukannya dengan tenang, berbicara jelas dan menggunakan kata-kata yang sangat mudah dimengerti, tidak berbelit-belit, ngawur ngidul tanpa topik khusus. Kalau yang terakhir ini bukan telemarketing namanya, bukan juga sedang menjalankan startegi pemasaran, melainkan pacaran.
  4. Pastikan penawaran yang Anda lakukan melalui Telepon tersebut memang terbukti banyak diminati oleh pasar, sehingga sangat mungkin partner bicara Anda tersebut pun tertarik. Usahakan untuk menyampaikannya dengan cara yang meyakinkan, sangat menarik, bisa dipercaya dan tonjolkan manfaat sebesar-besarnya untuk mereka.
  5. Apabila anda kesulitan berbicara dalam hal melakukan negosiasi dengan calon pelanggan anda, anda bisa mempelajari terlebih dahulu cara-cara bernegosiasi melalui Telepon atau anda bisa bekerjasama dengan bagian telemarketer yang berpengalaman.
  6. Buatlah lingkungan sekitar anda, baik lingkungan kerja di kantor ataupun lingkungan anda yang lain yang Anda pilih, misalnya di rumah, bisa lebih menyenangkan, representatif, minimalkan gangguan yang mungkin terjadi.
  7. Kombinasikan antara informasi yang anda sampaikan melalui Telepon dengan proposal produk yang akan diserahkan pada calon pelanggan Anda tersebut SAMA, tidak melebar dan kehilangan fokus, sehingga informasi tersebut saling memperkuat.
  8. Usahakan Tepat waktu apabila Anda berhasil membuat Janji dengan calon pelanggan Anda, ini akan membangun kredibilitas Anda sebagai praktisi telemarketer yang handal. Dengan kredibilitas tersebutlah Anda bisa tumbuh dan berkembang semakin dahsyat.
  9. Jangan penarh ada unsur pemaksaan dalam melakukan negosiasi di Telepon, karena belum tentu suasana hati lawan bicara anda dalam kondisi yang baik pada saat menerima Telepon anda.
  10. Buatlah Daftar Nama yang dapat membantu Anda memonitor jadwal kunjungan, keterangan tentang pelanggan anda yang akan masuk, pelanggan yang tidak tertarik dengan produk anda dan penawaran berikutnya yang mungkin anda lakukan, atau pelanggan yang sekedar ingin tahu saja yang mungkin Anda bisa beri sesuatu yang lebih dahsyat sehingga mereka menjadi lebih berhasrat.

Jumat, 02 Desember 2011

about me



Mentari telah lama tertidur pulas,, di balik selimut hitam,, dan kini tibalah bulan bangun dari peristirrahatannya. Dua benda ciptaan tuhan ini, tak henti-hentinya menjadi penerang jagat raya. Menerangi setiap mahluk yang bernafas, termasuk menerangi setiap perjuangan yang tangah di tempuh. Perjuangan seorang ibu antara hidup dan mati tuk menghadirkan seorang khalifah si muka bumi.
Sang waktu terus berjalan menjelajahi jagat raya. Rotasi terus berputar, gravitasipun tak mampu menghentikannya. Waktu menunjukan pukul 8 malam, tepatnya tanggal 28 Desember 1994. Dan alam semesta menjadi saksi suara tangisan yang memecah sunyinya malam. Sng ibu bersyukur dan mengecup kening buah hati, kemudian menyerahkn pada sang imam tuk di adzankan. Selesai di adzankan sang imam berkata : “kuberikan kau nama Irna  Nurrohmah. Nur artinya cahaya dan roahmah artinya pengasih. Ayah harap, kelak ketika dewasa menjemput umurmu, hati mu bercahaya bagai bulan karena ketika kau lahir, bulan sedang bersinar dengan indahnya. Dan semoga jiwamu bagai Dzat pemilik Lauhful mahfudz yaitu pengasih.
Detik berubah menjadi menit, menit berubah menjadi jam, jam berubah menjadi hari, hari berubah menjadi minggu, dan seterusnya waktupun bergulir bertahun-tahun lamanya. Kini ia menuntut ilmu di Sekolah Dasar Negeri Pangauban 2 Bandung. Kemudian setelah ia lulus SD, ia memutuskan untuk meninggalkan kota Paris Van Java dan menetap di kota Banjar, tempat tinggal neneknya.. kemudian masuk SMPN 5 Banjar, setelah lulus SMP ia melanjutkan ke SMKN 1 Banjar. Hingga sekarang ia masih sekolah di SMKN 1 Banjar tepatnya di kelas XII TN 1


                 my character
patenggang with Love,My memories in Bdg

Aku ini orangnya jarang bicara. Kata temen juga aku ini orangnya beda dengan yang lain. Tapi menurutku, aku ini sama dengan yang lain. Sama-sama mahluk ciptaan tuhan dan sama-sama saudara seiman. Meski aku orangnya jarang bicara tapi aku selalu menumpahkan isi hatiku dalam secarik kertas . Hal ini karena hobi ku baca (khususnya nocel dan komik !! Hhe... ), jadi otomatis aku senang nulis dan gambar. Banyak temenku yang nanya : "ir,kamu ini orangnya jarang bicara, apa pernah kamu merasakan jatuh cinta ????". jika ada orang yang bertanya seperti itu, aku sering ketawa dalam hati, karena sudah jelas donk, aku ini cewe normal (ya....meskipun jarang bicara) jadi pasti sama merasakannya. Mungkin puisi dibawah ini, dapat menjelaskan kepada orang-orang bahwa aku ini juga pernah merasakannya (walaupun dulu.....). Ini adalah puisi buatanku untuk "someone" (ma'af ya jika puisinya jelek !!, maklum masih penulis amatir !! Hhe....)

LANGIT NAN GELAP

Seperti biasa ....
Suasana malam terasa mencekam
Anginpun masuk menembus pori-pori kulit
Ku masih sendiri menatap langit, ditengah gelapnya malam
Terkadang aku berfikir .....
Mungkinkah aku dapat kembali bersanding dengan bulan yangt begitu sempurna ???
Tak lama setelah itu, anginpun datang dan berbisik : "bulan itu sempurna, hanya dapat bersanding  dengan bintang yang bersinar terang di dekatnya. Sedangkan kau, telah lama kehilangan cahaya mu dan telah berada jauh darinya".
Andai saja rotasi dapat ku putar balik
Kan ku perbaiki waktu saat kita masih bersama
Dan kan kuhentikan waktu itu
Agar ia tak dapat memintal benang rajutan yang memisahkan kita.......
Jika kita masih bersama.....
Mungkin saat ini, ku takan sendiri menatap langit malam
Anginpun takan mampu membekukan kulit dan tersingkir hangatnya kisah ini ......

the location of my house



HI ....
These are some of the buildings or adentitas my residence in the town of Banjar


Di dekat rumah ku terdapat sebuah mesjid. letaknya berhadapan dengan rumahku, hanya dipisahkan jalan raya. Nama mesjidnya "Uswatun Hasanah" artinya contoh yang baik . Masyarakat sekitar sering menyebutnnya mesjid agung ataw mesjid yayasan.
Oya..... 
Mesjid ini disebut mesjid agung karena ukurannya sangat besar di bandingkan dengan mesjid-mesjid lainnya di desa kami. . Selain bangunannya yang besar , mesjid ini juga mempunyai halaman yang luas. Halamannyapun cukup terawat dan banyak tumbuhan hijau yang tumbuh subur.

Masyarakat sekitar selain menyebutnya dengan nama mesjid agung, juga ada yang menyebutnya dengan mesjid yayasan. Hal ini karena mesjid ini di bangun oleh yayasan (Amal Bhakti Muslim Pancasila) dan diresmikan langsung oleh presiden kedua RI yaitu : "SOEHARTO".

Mungkin tulisan dalam fhoto di atas tidak jelas tulisannya karena terlalu kecil. Agar anda semua dapat mebaca tulisannya, Berikut ini saya tulis kembali tulisan dalam tugu peresmian Mesjid Uswatu Hasanah : 





DENGAN RAHMAT ALLAH YANG MAHA KUASA
MESJID INI DI BANGUN OLEH DAN MERUPAKAN SUMBANGAN
YAYASAN AMAL BHAKTI MUSLIM PANCASILA
Di Resmikan Pada Tanggal 15 Mei 1989
Ketua



SOEHARTO


Kediaman saya terletakdi desa Situbatu. Disamping ini adalah gambar tugu dari kantor kepala desa situbatu. kantor ini telah lama berdiri (mungkin sebelum nenek ku lahir kali ya !! Hhe.....). Tapi meskipun umurnya sudah cukup lama, bangunan ini sudah mengalami renovasi  berkal-kali, sehingga bangunannya tampak awet muda.

Di desa kami juga terdapat puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) yang letaknya masih bersebelahan dengan kantor kepala desa. Puskesmas ini siap melayani masyarakat sekitar yang membutuhkan bantuan (tentunya bantuan kesehatan, bukan bantuan cuci piring !! Hhe....)

Masih di dekat kantor kepala desa,,,
Juga terdapat sekolah dasar yang umurnya juga sangat tua. karena nenek saya dulu bersekolah disini . kata nenek : dulu sekolah ini namanya "Sekolah Rakyat". ruangannya hanya ada dua. itupun beratap daun pelepah, berdinding kayu dan beralaskan tanah, yang bersekolahpun sangat sedikit karena kebanyakan mencari nafkah. anak yang bersekolah rumahnya jauh-jauh, bahkan ada yang menempuh sampai 2 Km dengan jalan kaki. karena jaman dulu hanya ada satu sekolah.
Wah .... tinggi sekali semangatnya. patut di contoh tuh ...

Meskipun sekolah ini sudah tua dan telah menjadi saksi perjuangan sebuah keluarga dari buyut sampai cucu (kalo kata Bu Dudi mah, sabondoroyot !!, Hhe...)dalam menuntut ilmu. Tapi sekolah ini telah mengalami renovasi, sekolah ini juga mempunyai fasilitas lengkap diantaranya : ruang guru, ruang kesenian, perpustakaan + komputer,lapangan upacara, dan ada taman sekolah + kolam ikannya  Lhoo....
Jika dibandingkan dengan jaman dulu, amat beruntung sekali anak jaman sekarang. Tidak merasakan bagaimana rasanya menulis berlantaikan tanah atau menempuh perjalanan berkilo-kilo mil. Oleh karena itu, saya berpesan pada semua generasi penerus bangsa : " Terus semangat dalam menuntut ilmu !!" (cayo Teruzzzz......). Masa anak zaman dulu saja tidak mengeluh walau bangunannya sederhana. Bahkan semangatnya sangat tinggi. . Lakh Qta..... Anak generasi muda, malah leha-leha padahal bangunanya sudah megah.
" AYO BUKTIKAN MERAH MU JANGAN MENYERAH DAN JANGAN MAU KALAH"







Sabtu, 26 November 2011

Ketika Seorang Kawan Datang

 
dok. Hotel Mulia Senayan ilustrasi
Cerpen: Odi Shalahuddin
Dia telah berdiri di hadapanku. Di depan meja. Membuatku gugup. Sekilas memandang sekitar, aku merasa semua mata menuju ke arah kami. Ah, kenapa dia datang di saat yang sama sekali tidak tepat? Bukankah kukatakan nanti malam saja bila ingin berjumpa.
Ia tersenyum, mengulurkan tangannya padaku. “Gimana kabarmu? Wah, sudah makmur sekali ya?”
“Eh, iya... ya.. baik.. baik....”
“Belum mulai ya,” tanyanya yang kukira tak perlu menunggu jawaban. Matanya memandang sekeliling. Meja-meja bundar, dengan lima atau enam kursi yang mengelilinginya. Baru sebagian yang terisi. Semua masih tampak berbincang-bincang. Di depan, belum ada orang.
Walaupun masih ada dua kursi kosong di mejaku. Aku tidak berani menawarkan kepadanya untuk duduk. Dua orang di sampingku, berulangkali memandangku dengan pandangan tak suka.
”Kita di luar dulu,” aku berdiri sambil meraih tangannya.
”Di sini sajalah. Santai sekaligus menikmati kemewahan. Cuci mata,” katanya setengah tertawa.
Ah, dia memang belum berubah. Wajahnya yang keras, dengan pandangan mata tajam.Suaranya keras tapi terdengar jelas. Orang pasti tidak akan menyangka bila hanya mendengar suaranya saja. Suara itu seolah-olah memiliki tubuh yang kekar. Sedangkan pemilik suara sesungguhnya bertubuh kurus. Sangat kurus bahkan.
Aku agak gelagapan mendengar penolakannya. Mataku melihat sekeliling. Ada beberapa mata yang kebetulan tengah memandang kami.
”Ayolah,” ajakku lagi.
”Santai sajalah. Hm, Baraman juga hadir ya?”
Ups. Aku menoleh ke arah sosok yang duduk satu meja denganku. Mereka juga memandang.
”Eh, aku tidak tahu. Tapi dalam undangan katanya dia yang akan membuka acara ini,”
”Oh, selalu saja beruntung dia,” katanya.
”Kita di luar yuk,” ajakku lagi.
”Ok, Ok,” ia beranjak sambil meraih botol air mineral di meja. Langsung menenggaknya dan membawa sisanya. Kami berjalan beriringan. Empat gadis cantik penerima tamu, memandang kami, lalu berbisik-bisik. Ah, biarlah. Aku tidak mendengar ini.
Kami duduk di sofa yang paling ujung. Aku memang sengaja membawanya ke sana, sehingga tidak menarik perhatian. Orang-orang terus berdatangan.
Ah, kawan satu ini. Benar-benar tidak berubah. Ia kelihatan sangat santai. Santai sekali. Tidak perduli dengan situasi dimana ia berada. Sungguh, seperti dua puluh tahun lalu ketika kami sama-sama di dalam satu komunitas. Ia orang yang tidak pernah ragu, tidak pernah takut, atau juga tidak pernah menunjukkan keminderan.
”Orang-orang berkuasa karena suara-suara dari kita. Kita, para pemberi suara adalah Tuan. Kita mendatangi pembantu yang kita mandatkan untuk mengelola bangsa ini. Jadi tidak perlu takut Bapak-Ibu sekalian. Kita mendatangi pembantunya pembantu kita. Bila masih mentok, kita datangi pembantu kita yang terhormat, Tuan Presiden,” masih kuingat provokasinya yang membangkitkan semangat para petani yang tanahnya akan tergusur, ketika kami mendatangi kantor Mentri Dalam Negeri.
Ia dengan tubuh kurus berdiri di atas undakan tiang bendera dengan tangan kiri mengepal ke udara, dengan suara menggelegar memecah sengat matahari yang merasuk hangat ke jiwa-jiwa yang hadir. Rambut panjangnya terurai dipermainkan angin. Sesekali ia mengibaskan. Pakaian kebesarannya terbuat dari karung gandum yang diwenter menjadi warna hitam, dengan sandal jepit sebagai alas kakinya.
Segeralah kami bergerak berniat memasuki halaman kantor Mentri yang pagar besinya sudah tertutup rapat dengan penjagaan yang sangat ketat dari para polisi dan tentara.
“Cara mengalahkan kapitalis, ya kita tidak konsumtif. Ngomong anti kapitalis, tapi bingung mencari merek....” katanya pernah mengatakan hal itu dalam diskusi santai di sekretariat mahasiswa.
Ya, kawan ini, masih berpenampilan sama. Hanya rambutnya saja yang sudah mulai memutih keperakan. Ketika ia masuk ke ruangan yang dipenuhi oleh orang-orang dengan menggunakan jas safari, maka bisa kau bayangkan bagaimana perasaanku. Apalagi ia mengucapkan nama Baraman tanpa menggunakan kata depan Bapak.
”Jadi, bagaimana, Bung?” tanyaku.
”Ah, begitulah. Senang aku mendengar kau memanggil begitu. Tidak perlu formal-formalan. Aku mau minta tolong dirimu mempertemukan dengan Baraman. Adiknya dia, pengusaha rakus itu mau memakan tanah-tanah di kampungku. Tapi kudengar ada acara di sini, jadi sekalian saja aku temui Baraman di sini,”
Tegang terasa menjalar di kepalaku. Aduh. Bagaimana ini? Aku sudah mengetahui benar kawan satu ini bertindak. Ia pasti akan memperlakukan Baraman seperti kawan yang dikenalnya dulu. Padahal sekarang posisi Baraman.....
”Pak Menteri sudah datang, Pak Menteri sudah datang,” beberapa orang terlihat memberi kabar. Di depan pintu ruangan segera berjejer orang-orang, termasuk penerima tamu yang cantik-cantik itu.
”Baraman?”
Aku mengangguk. Kawan ini segera bangkit. Berjalan menuju barisan orang yang tengah mempersiapkan sambutan kepada Bapak Menteri. Aku sendiri, tetap saja duduk sambil membayangkan apa yang akan terjadi.
Ah...
Yogyakarta, 25 Maret 2011